Senin, 11 April 2016

SOAL DAN JAWABAN MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL


1.         Jelaskan pengertian dari Manajemen Pemasaran Global dan Sebutkan 3 prinsip pemasaran !

Jawaban :


-           Manajemen Pemasaran Global adalah Ialah studi ilmu yang mempelajari tentang Planning, Organitation, Actualing,Controling dalam suatu kegiatan bisnis yang dirancang untuk tujuan menentukan harga,promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen secara menyeluruh.Pemasaran Global harus meiliki kemampuan untuk berfikir secara global dan bertindak
secara lokal yang artinya bahwa dalam setiap memasarkan produk di suatu negara memiliki unit-unit tertentu,karena setiap negara mempunyai keinginan dan kebutuhann yang berbeda  perusahaan harus cerdas untuk memasarkan produknya di setiap negara, pemasaran global tidak berarti masuk kesetiap negara di dunia,tergantung pada sumberdaya perusahaan, pemikiran, manajerial dan terutam adalah adanya peluang dan ancaman dari usaha tersebut. Sedangkan sistem Managemen dalam pemasararan global bertugas untuk mengkonsep pemasaran global untuk diterapkan pada produk atau bisnis perusahaan tersebut ,agar produk dari perusahaan tersebut bisa terdistribusikan sesuai target pasar yang diharapkan oleh perusahaan.    


-           Tiga prinsip pemasaran :

1.         Nilai pelanggan dan persamaan nilai

2.         Keunggulan kompetitif atau Diferensial / perbedaan

3.         Fokus (pada kebutuhan dan keinginan pelanggan)


2.         Sebutkan 4 hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis pasar domestik (lokal) jika ingin menjadi pemain bisnis pasar global !

Jawaban :


-           Negara-negara adalah berbeda

-           Masalah yang akan di hadapi lebih luas dan kompleks dari biasanya

-           Pebisnis internasional harus menemukan cara untuk bekerja dengan membatasi pengaruh (intervensi/ tekanan) dari pemerintah Negara setempat.

-           Transaksi internasional meliputi keanekaragaman nilai mata uang.


3.         Sebutkan dan jelaskan beberapa faktor penghambat Manajemen Pemasaran Global !

Jawaban :


         Prinsip Pendiri :

-           Kecadokan Manajemen (Manajemen yang tidak mau berkembang)

a.         Dalam banyak hal, manajemen mengabaikan peluang untuk mengejar pemasaran global.

b.         Perusahaan dengan manajemen etnosentris tidak akan berkembang secara geografis

c.         Kecadokan adalah resep bagi bencana pasar, jika kantor pusat berusaha mendikte ketika ia seharusnya mendengar.

d.         Pemasaran global perlu tim lokal yang kuat, yang dapat menyesuaikan produk dengan kondisi lokal.


-           Budaya organisasi

a.         Anak perusahaan yang “mengetahui semuanya” tidak ada lagi ruang untuk visi dan puncak (perusahaan induk)

b.         Sebaliknya juga, perusahaan dengan manajemen kantor pusat yang “mengetahui semuanya” tidak ada lagi inisiatif lokal dan pengetahuan mendalam dari kebutuhan dan kondisi lokal.

c.         Manajemen yang sukses di perusahaan global adalah yang telah belajar cara memadukan visi dan perspektif global dengan inisiatif dan masukan dari pasar lokal.


-           Pengendalian Nasional

a.         Setiap Negara melindungi pasar lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan masuknya industri berteknologi rendah dan tinggi.

Misalnya, kendali monopoli terhadap akses ke pasar tembakau, juga kendali terhadap pasar penyiar, peralatan dan transmisi data.

-           Cara perusahaan global mengatasi hambatan ini adalah dengan menjadi “orang dalam” yakni dengan mendirikan anak perusahaan di Negara lain.


         Prinsip Perusahaan Pemasar :

-           Prinsip Perusahaan

a.         Perusahaan adalah suatu konsep bisnis strategi

b.         Pemasaran harus dirumuskan oleh manajemen puncak, orientasinya jangka panjang, mengemudikan arah perusahaan dan memegang tanggung jawab dalam menciptakan konsumen bisnis yang loyal

c.         Pemasaran tidak lagi hannya tentang penjualan,periklanan / bahkan 4P (konsep tradisional) karena perusahaan ditekan oleh pendorong perubahan ekstern (teknologi, ekonomi, dan pasar) dan internal (pemegang saham, SDM dan budaya organisasi)

-           Prinsip Komunitas

a.         “Pemasaran merupakan bisnis semua orang”

# semmua orang dalam perusahaan adalah satu komunitas, yaitu komunitas pemasaran setiap orang dalam perusahaan apapun deskripsi pekerjaannya, setiap orang bertanggung jawab untuk menciptakan loyalitas konsumen.

#  dalam perusahaan tidak ada departemen dan fungsi pemasaran yang berdiri sendiri, semua departemen adalah departemen pemasaran jadi, semua fungsinya adalah fungsi  pemasaran.

-           Prinsip Persaingan

“Perang pemasaran merupakan perang nilai” (nilai = perbandingan antara pengeluaran dan manfaat).

# perusahaan tidak hanya sekedar mengejar keuntungan jangka pendek tetapi menciptakan nilai pelanggan (menjalin hubungan dengan pelanggan ) untuk jangka panjang.


4.         Sebutkan dan jelaskan 4 jenis strategi untuk bersaing di pasar global !

Jawaban :


-           Strategi Internasional (international Strategy)

Strategi ini menawarkan bagaimana perusahaan menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer keahlian dan produk yang bernilai kepada pasar asing, dimana di bidang ini merupakan kelemahan pesaing dan kompetensi inti ini tidak dimiliki oleh pesaing.


-           Strategi Multidomestik (Multidomestic Strategy)

Dalam strategi ini perusahaan secara ekstensif melakukan kostumisasi terhadap produk dan strategi pemasarannya kearah kondisis nasional yang berbeda dimana value creation juga diciptakan pada kegiatan produksi, pemasaran , R&D (penelitian dan pengembangan) di setiap Negara yang di jadikan pasar global.


-           Strategi Global

Strategi ini memusatkan pada peningkatan laba, dimana lebih mengarahkan pada standarisasi kualitas produk secara global, dan tidak melakukan penyesuaian produk terhadap kondisi lokal, karena menggunakan strategi low cost sehingga mendapatkan laba yang maksimal.


-           Strategi Transnasional

Strategi ini mencoba mencapai semua strategi yang ada untuk mendapatkan solusi untuk semua masalah. Dimana perusahaan melakukan pengurangan biaya atas kondisi lokal dan juga transfer kompetensi inti serta takanan lokal.


5.         Jelaskan apa yang di maksud dengan “ produktifitas telah terlepas hubungannya dengan tingkat pekerja”.

Jawaban :


Pemasaran global saat ini tidak begitu meningkatkan jumlah pekerjanya namun pendapatan perusahaan tersebut semakin meningkat karena perusahaan saat ini lebih memanfaatkan perubahan sistem teknologi (semisal : mengggunakan mesin dalam memproduksi sebuah barang).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar